LEMBAGA PENDIDIKAN BERTARAF INTERNATIONAL

on

LEMBAGA PENDIDIKAN BERTARAF INTERNATIONAL:
Apa yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh FMIPA UNM, Makassar
Oleh
Hamzah Upu
(Dekan FMIPA UNM)

Abstrak

FMIPA UNM Makassar telah menyambut baik undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang International Standard School melalui SK Rektor UNM No. 5052 A/J38.H/HK/2007 dengan membuka Bilingual Class pada 4 Prodi Pendidikan MIPA. Pembelajaran dilakukan dengan tiga model yaitu; (1) Full English, (2) Back Stopping, dan (3), Text book Bahasa Inggris, pengantar Kuliah Bahasa Indonesia. Sebagai bukti keseriusan FMIPA UNM dalam melaksanakan program Pendidikan Bertaraf Internasional, pada Tanggal 29 Juli 2008 FMIPA UNM dikunjungi oleh UNJ, UNESA, UNG, UNIMA, dan UNCOKRO untuk Studi Banding tentang pelaksanaan International Class di UNM. Pada tahun 2008/2009, FMIPA UNM kembali menerima mahasiswa program International pada 4 Jurusan melalui jalur PMDK sebanyak 60% dan UTUL 40%. Khusus mereka yang melalui UTUL disamping mengikuti ujian tulis umum, juga mengikuti TES wawancara, General English dan Tes Tulis Khusus English for subject matter. Mahasiswa angkatan 2008/2009 sekarang tengah mengikuti program matrikulasi, yang akan diakhiri dengan TOEFEL, sebelum mereka mengikuti perkuliahan. Jumlah dosen FMIPA UNM alumni luar negeri pada masing-masing Jurusan sekitar 12,5 %-17,5%. Setelah ditambah dengan dosen yang memiliki nilai institusional TOEFEL ≥ 500, maka terdapat 25% dosen FMIPA UNM yang mampu mengajar matakuliah pendidikan MIPA dengan pengantar Bahasa Inggris Berbasis ICT. Pada tahun pelajaran 2009/2010 direncanakan penerimaan MABA International Class mendahului SNMPTN melalui Tes TOEFEL dan English for subject matter. Selain itu telah dirintis kerjasama dengan UPSI, Malaysia dan Victorian University, Australia sebagai rencana tempat PPL mahasiswa. Kerjasama dengan ELC dan pusat Bahasa UNM juga sedang berjalan untuk menopang peningkatan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa dan dosen FMIPA UNM.

A. Pendahuluan

Peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan tuntutan globalisasi dalam upaya mendukung keberhasilan pembangunan nasional. Sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No.28/DIKTI/Kep/2002, Universitas Negeri Makassar memberikan kesempatan belajar kepada mereka dengan membuka Program S1 INTERNATIONAL CLASS PROGRAM (ICP). Beberapa pengertian mengenai BILINGUAL:
- Seorang mahasiswa International Class Program adalah individu yang dapat menggunakan dua kemampuan bahasa (Indonesia dan Inggris);
- BILINGUAL adalah pemahaman yang tinggi mengenai kompetensi speaking, reading, dan writing dalam dua bahasa, tetapi tidak perlu kemampuan itu sama;
- Pembelajaran (teaching or learning) BILINGUAL meliputi penggunaan dua bahasa dalam pengajaran (instruction) dan berbasis ICT;
- Pendidikan BILINGUAL juga termasuk bi-cultural education.

Tujuan umum ICP adalah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat menempuh pendidikan dengan menggunakan fasilitas belajar di Universitas Negeri Makassar sesuai dengan ketentuan ICP.
Tujuan Khusus ICP):
- Mencetak calon guru yang mampu mengajar diluar negeri, khususnya di negara-negara Asia, Australia, dan Afrika.
- Mencetak calon guru yang mampu mengajar dan mengembang karir pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Indonesia.
- Meningkatkan kemampuan lulusan untuk dapat melanjutkan studi ke luar negeri.

B. Rumusan Masalah

Bagaimana menjalankan pendidikan bertaraf International di Perguruan Tinggi?

C. Pembahasan

1. Profil ICP FMIPA UNM
ICP FMIPA UNM menyelenggarakan pendidikan strata satu (S1). Mahasiswa dinyatakan lulus dan memperoleh gelar apabila telah memenuhi ketentuan yang berlaku di Universitas Negeri Makassar sebagaimana yang diberlakukan pada Program Reguler. Predikat kelulusan setelah menyelesaikan program pendidikan pada ICP sesuai dengan predikat kelulusan Program Reguler pada Universitas Negeri Makassar. Ijazah dan transkrip nilai lulusan ICP FMIPA UNM dibuat dalam Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris. Gelar lulusan S1-kedua adalah S.Pd. (International Class). ICP FMIPA UNM meliputi program studi:
- Pendidikan Matematika
- Pendidikan Biologi
- Pendidikan Kimia
- Pendidikan Fisika
Kurikulum ICP FMIPA UNM adalah berbasis ICT. Beban studi mahasiswa S1 ICP disesuaikan dengan matakuliah program non ICP dengan beban SKS 144-150. Bahasa pengantar dalam terdiri dari tiga bentuk, yaitu (1) 100% Bahasa Inggris; (2) 60% Bhs Inggris dan 40% Bahasa Indonesia; (3) 100% Bhs Indonesia dengan literatur Bhs Inggris. Bergantung dosen pengajar yang bersangkutan

2. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru
3. Model perkuliahan
4. Kerjasama



Penutup

Pendidikan Bertaraf Internasional merupakan salah satu program andalan dalam bidang pendidikan yang harus disambut baik oleh setiap Perguruan Tinggi mantan IKIP untuk menunjukkan jati diri kependidikannya sebagai base program. Namun disisi lain, Perguruan Tinggi mantan IKIP tersebut harus mampu menyiapkan SDM, sarana dan prasaran pendukung yang memadai.


0 komentar:

Posting Komentar